Sabtu, 24 Desember 2011

18 Planet Seperti Jupiter


PERBURUAN manusia mencari planet baru terus dilakukan. Kali ini, para astronom telah menemukan 18 planet asing.

Semuanya planet gas raksasa seukuran Jupiter yang mengelilingi bintang dengan ukuran melampaui matahari kita.

Penemuan tersebut meningkatkan jumlah planet yang diketahui mengorbit bintang-bintang besar hingga 50 persen.

Itu seharusnya dapat membantu astronom lebih memahami cara planet-planet raksasa terbentuk dan tumbuh dalam sistem tata surya asing yang baru lahir.

Penguakan muncul hanya selang beberapa bulan setelah tim peneliti yang berbeda mengumumkan penemuan 50 planet asing yang baru ditemukan, termasuk satu planet berbatu yang bisa menjadi kandidat yang baik untuk kehidupan.

Daftar planet asing yang dikenal sekarang sudah mencapai lebih dari 700 dan sepertinya akan terus mendaki.

Awalnya, para peneliti menyurvei sekitar 300 bintang dengan menggunakan Observatorium Keck di Hawaii dan sejumlah instrumen di Texas dan Arizona.

Mereka berfokus pada bintang tipe A yang mau mati. Ini adalah bintang yang setidaknya 1,5 kali lebih besar dari matahari kita sendiri.

Tim meneliti bintang-bintang yang agak bergoyang karena tarikan gravitasi planet yang mengorbit. Proses ini mengungkapkan 18 dunia asing baru. Semua dari mereka bermassa serupa dengan Jupiter.

Ke-18 planet mengorbit relatif jauh dari bintang mereka pada jarak minimal 0,7 kali jarak dari bumi ke matahari atau sekitar 93 juta mil atau 150 juta kilometer. (Space.com/OL-5)

0 comment:

Posting Komentar